Waspada Unsur N Tinggi Pada Tanah Berpengaruh pada Tanaman

Tanaman anda mengalami keadaan seperti ini ..? terdapat garis garis kuning memanjang ada urat daun . Padahal sebelumnya hijau rata bahkan kecenderungan kelebuhan unsur N.Ini adalah salah satu efek daripada hujan yang terus menerus dan lama.
Hal ini bisa terjadi pada tanaman apa saja, kebetulan ini tanaman yang mudah dideteksi  dan berada didaerah tanah sedikit berpasir, curah hujan yang agak lama sedikit dan terjadi beberapa hari langsung akan menguras tabungan unsur N dari dalam tanah.
2 hal yang menjadi pembatas disini yaitu tanah yang sedikit berpasir dan hujan yang cukup deras dan dalam waktu yang agak lama misalkan 3 – 4 hari atau lebih.
Tanda yang khas akibat kekurangan unsur N ini seperti pada gambar yang tersaji, garis garis kuning yang memanjang pada urat daun merata utamanya pada daun daun yang lama.
Solusi nya, segera kocorkan SUPERNASA setidaknya 3 kg per Ha, selang 3 – 5 hari kemudian baru tambahkan UREA 100 – 150 kg per Ha.
Kekurangan unsur N ini akan menyebabkan proses fotosintesa tanaman terganggu akibatnya akan berhubungan dengan produksi tanaman yang mundur dan terganggu atau kemungkinan lain adalah produksi akan kecil ukurannya dan menurun jumlahnya.
Peran SUPERNASA disini adalah sebagai perekat dan pengikat pupuk yang  diberikan pada tanaman, sekaligus merangsang pembentukan akar akar tersier yang biasanya berfungsi untuk mengambil makanan dari luar.
Nah, sahabat NASA, coba  perhatikan sekali lagi kebun kebun sekitar kita, segera antisipasi jika terjadi hujan  yang cukup deras dan lama agar tanaman kita pun tetap dalam kondisi yang prima dan produktif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak